Saya
percaya bahwa mudah atau sulitnya sesuatu yang kita pelajari, sebenarnya
ditentukan oleh suka atau tidaknya diri kita terhadap hal tersebut.
Sejak
dulu saya tidak terlalu mahir berbahasa inggris. Saya merasa bahasa ini cukup
sulit untuk dipahami. Ketika saya harus membaca beberapa tulisan atau literatur
dalam bahasa inggris, dalam diri saya tiba-tiba muncul perasaan kurang nyaman.
Semakin saya mencoba memahaminya, kalimat "Bahasa Inggris itu sulit"
makin sering muncul di dalam benak saya
Saya merasa pemikiran "Bahasa inggris itu sulit" sebenarnya sudah ada dalam diri saya ketika saya pertama kali mempelajarinya di sekolah. Ketika itu saya merasa sangat takut untuk berbicara dalam bahasa inggris karena salah satu guru saya terbilang cukup galak dan keras dalam mendidik muridnya. Dampaknya, proses pembelajaran yang seharusnya menyenangkan menjadi menakutkan dan saya pun akhirnya kesulitan mempelajari bahasa inggris
Namun
dalam momen tiga hari lalu saya baru sadar bahwa bahasa ini ternyata tidak terlalu
menakutkan seperti yang saya kira dulu. Tiga hari lalu saya berkesempatan
mengikuti sebuah pelatihan. Modul didalam pelatihan tersebut dibuat dengan
menggunakan bahasa inggris. Berbeda dengan pengalaman saya di masa lalu, kali
ini saya memahami materi tersebut dan saya menikmati proses pembelajaran
didalamnya. Ini karena materi atau bahan yg harus saya pahami adalah hal-hal
yang saya sukai. Sehingga akhirnya saya termotivasi dan bersemangat utk
mempelajarinya.
Dari
momen diatas saya belajar bahwa sulit atau tidak nya sesuatu itu bergantung
dari suka atau tidak dan mau atau tidaknya kita utk mempelajari sesuatu
tersebut. Kita akan bisa bila kita mau dan juga sebaliknya, kita tidak akan
pernah bisa mempelajari sesuatu apabila kita tidak mau atau tidak suka menjalani
proses didalam mempelajarinya.
Dan
masukan juga bagi para pendidik, sebelum memastikan anak didik kita memahami
sesuatu yang kita ajarkan, pastikan terlebih dahulu mereka menyukai apa yang
kita ajarkan, karena minat terhadap sesuatu yang kita ajarkan ternyata
mempengaruhi kelancaran dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, kesukaan
ternyata mempengaruhi proses penerimaan dalam pengembangan keilmuan
0 komentar:
Posting Komentar