• MENGELOLA KEPUTUSAN


         Membuat keputusan untuk melakukan sebuah tindakan itu mudah. Namun, agar diri kita mampu konsisten mengelola keputusan tersebut seringkali menjadi hal yang sulit. Salah seorang sahabat bercerita pada diri saya tentang pengalamannya mendidik salah seorang asistennya di kampus. 

        Sahabat saya ini adalah seorang Dosen di salah satu Perguruan Tinggi dan memiliki seorang mahasiswa yang karakternya sangat positif sehingga berpotensi besar untuk berkembang dan berprestasi. Melihat potensi tersebut, sahabat saya menawarkan untuk menjadi mentor bagi mahasiswa tersebut sehingga dia dapat berkembang lebih jauh lagi. Dorongan yang kuat untuk mengubah nasib membuat si mahasiswa menyanggupi dan berkomitmen melaksanakan beberapa penugasan yang diberikan oleh sahabat saya dalam rangka pengembangan dirinya. 

         Pada minggu pertama, mahasiswa tersebut berkomitmen untuk menjalankan beberapa tugas yang diberikan. Namun, di minggu ketiga sang mahasiswa menyatakan bahwa dirinya menyerah. Ia menyatakan ketidaksanggupannya dalam mengerjakan beberapa penugasan yang diberikan dengan dalih banyaknya permasalahan yang dirasakan dan membuat dirinya tidak fokus untuk melanjutkan pembelajaran. Singkat cerita mahasiswa ini tadi pun akhirnya jadi mahasiswa biasa-biasa secara prestasi dan karir walaupun sebenarnya memiliki potensi besar untuk sukses. 

          Pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah mahasiswa diatas adalah mungkin mudah saja bagi kita untuk memutuskan berubah atau melakukan sesuatu. Saya yakin setelah mengikuti banyak seminar motivasi, tutorial, ceramah dan hal positif lainnya, kita mendadak bisa sangat yakin untuk menciptakan perubahan dalam hidup kita. namun yang harus senantiasa diingat adalah, memutuskan perubahan diri dengan benar- benar konsisten melaksanakan perubahan tersebut adalah dua hal yang berbeda. Pada saat kita sudah memutuskan untuk membuat perubahan, selanjutnya yang seharusnya dilakukan adalah kita harus berkomitmen pula untuk menjalankan setiap perubahan tersebut secara konsisten didalam keseharian kita 

         Sayangnya, konsistensi inilah yang seringkali dilupakan hingga akhirnya didalam keseharian saya masih menemui cukup banyak orang yang langkahnya terhenti setelah mereka membuat keputusan. Hal ini juga yg menjadi pembeda antara orang yang pada akhirnya akan berhasil dan mana orang yang akhirnya gagal. Jika kita sudah bertekad untuk berubah sejak awal, maka sudah seharusnya kita tidak berhenti hanya sampai di pembuatan keputusan saja melainkan juga tetap bertahan dan mengelola keputusan tersebut hingga membuahkan sebuah hasil yang kita harapkan.

    Semoga bermanfaat. 
    ingin update tulisan saya lainnya? silahkan disimak di Fb/twitter/Instagram/Path : @Ivandhana
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13