• STANDAR KEBAHAGIAAN


    Kebahagiaan itu bukanlah sesuatu yang ditentukan oleh apa yang mampu kita miliki, melainkan ditentukan oleh apa yang mampu kita syukuri dalam hidup ini.

    Di suatu pagi, terjadi diskusi antar dua orang sahabat. Tampaknya kedua sahabat ini sedang serius membicarakan tentang minat dan aktifitas salah seorang diantara mereka

    “Kenapa kamu suka melakukan kegiatan sosial? Bukannya hal itu cukup menyita waktu libur dan tidak ada untungnya buatmu ya?” Tanya salah seorang diantaranya. 

    “Karena aku selalu merasa bahagia jika bisa membantu orang lain disekitarku. Kan kebahagiaan itu tidak selalu ditentukan oleh keuntungan materi yang kita dapatkan”. Jawab rekannya tadi.

    Kebahagiaan adalah jangkar dari setiap emosi dalam diri kita. Perasaan senang, sedih, gelisah di hati kita itu muncul berdasarkan pada standar kebahagiaan yang kita tentukan. Jika kita meletakkan standar kebahagiaan tersebut dalam hal-hal yang sederhana, maka kebahagiaan kita pun akan ditentukan oleh hal yang sederhana. 

    Di sisi lain, meletakkan standar kebahagiaan kita di tempat yang tinggi dapat berdampak pada kebahagiaan yang hanya mampu kita rasakan bila kita telah mencapai sesuatu yang tinggi tersebut. Hal ini menimbulkan konsekuensi bahwa hal-hal sederhana di sekitar kita nantinya tak akan bisa membuat kita bahagia. 

    Kenapa masih ada orang di sekitar kita yang merasa kesulitan untuk bahagia? Hal ini bisa jadi karena kebanyakan orang meletakkan standar untuk kebahagiaannya di tempat yang tinggi. Salah satu contohnya adalah kita cenderung merasa bahagia bila mampu membeli sesuatu yang kita inginkan seperti barang-barang mewah, mobil, rumah dll. Sekilas memang kondisi tersebut terlihat wajar dan banyak orang lain yang beranggapan seperti itu. Namun kondisi tersebut memiliki potensi yang perlu kita waspadai, yaitu dapat membuat kita merasa kesulitan dan stress ketika menghadapi kendala dalam upaya untuk mencapai kebahagiaan tersebut

    Maka, yang paling tepat untuk kita lakukan adalah meletakkan standar kebahagiaan kita di tempat yang sederhana sembari meletakkan standar impian yang tinggi sehingga kita tetap tergerak untuk membuat pencapaian yang tertinggi dan disisi lain kita tidak perlu mengalami kesulitan untuk mendapatkan kebahagiaan yang kita harapkan.

    Ingin ngobrol lebih jauh bersama saya? silahkan kunjungi FB/Path/Instagram/Twitter : @Ivandhana
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13