• GERAKAN Untuk sebuah KEHIDUPAN


         Saya pernah mendengar kisah unik di Jepang, tentang kebiasaan para nelayan disana untuk memasukkan seekor hiu kecil didalam kolam penyimpanan ikan Salmon hasil tangkapan mereka di laut. Awalnya mereka memasukkan salmon tangkapannya ke suatu kolam buatan agar dalam perjalanan menuju daratan salmonnya tetap hidup. Konon katanya ikan Salmon yang masih dalam keadaan hidup saat diolah lebih enak untuk dinikmati dibandingkan yang diawetkan dengan es. 

         Pada kenyataannya ditemukan bahwa banyak salmon yang mati di kolam buatan tersebut ketika sampai di daratan. Untuk mensiasati kondisi tersebut, para nelayan mencoba memasukkan seekor HIU kecil ke dalam kolam buatan tersebut. Keberadaan hiu “memaksa” ikan-ikan itu terus bergerak agar tidak sampai dimangsa. Strategi tersebut terbukti efektif. Jumlah Salmon yang mati ketika sampai di daratan menjadi sangat sedikit. Dengan kata lain, senantiasa bergerak membuat ikan Salmon tersebut mampu menghindarkan diri dari kematian. 

         Dari kisah diatas, ada satu hal yang bisa kita pelajari yaitu terkadang untuk bisa bertahan hidup, sebagai manusia kita harus senantiasa bergerak. Makna bergerak disini bukan hanya menggerakkan anggota tubuh, melainkan bagaimana gerakan yang kita lakukan itu membuat kita berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Perpindahan tersebut juga bukan hanya secara fisik melainkan juga perpindahan dan perubahan dari segi pemikiran. Harus ada perubahan dari diri kita yang kemarin dengan diri kita hari ini. 

         Awalnya ketika dilahirkan kita belum bisa berjalan, lantas belajar merangkak, belajar berdiri, berjalan hingga akhirnya bisa berlari. Coba bayangkan bila dari kecil hingga besar kita tidak berkembang? Jika sejak lahir hingga dewasa kita tidak mau belajar berjalan, apa yang kira-kira bisa kita lakukan ketika dewasa nanti? 

       Sebagai seorang manusia yang senantiasa berkembang, diri kita pun harus terus bergerak mengembangkan kemampuan kita didalam menjalankan setiap aktifitas kita. bisa dengan belajar dari orang-orang yang lebih expert, belajar dari buku dan belajar melalui media lainnya. Sehingga, diri kita hari ini adalah diri kita yang lebih baik dari diri kita di masa lalu. 

          Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Karena hari ini kita baik-baik saja, bukan berarti di depan kita tidak ada bahaya yang akan mendatangi kita, bukan? Maka yang bisa kita lakukan adalah membuat persiapan sebaik mungkin, walaupun saat ini kehidupan kita sudah terasa nyaman. 

         Bagi saya, manusia hidup itu harus senantiasa bergerak layaknya air yang mengalir dari satu titik ke titik lain. Sebab, yang diam cenderung akan menjadi kotor seperti halnya air di rawa-rawa yang pada akhirnya akan berpotensi mengundang berbagai macam penyakit dan masalah.

    Ingin tau lebih banyak tentang saya? silahkan follow IG/Path/FB/Twitter : @Ivandhana
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13