• Batasan Kesabaran Manusia ??


           Tulisan saya yang pertama di bulan ini terinspirasi dari status salah satu rekan saya yang sedang berada diambang kesabarannya dalam menghadapi tekanan pekerjaan yang mendera hari-harinya. Beberapa saat yang lalu tanpa sengaja saya membaca status pribadinya di media sosial. Sekilas saya anggap status teman saya ini seperti biasa saja karena memang status berupa keluhan memang kerap kali saya temui ketika menjelajah dunia maya seperti kali ini. Namun beberapa detik setelah membaca status itu mendadak muncul pula pertanyaan dalam kepala saya mengenai ambang batas kesabaran seorang manusia yang sering sekali diuji dengan tekanan permasalahan. Saya rasa tidak hanya kawan saya yang satu itu yang mengalami berada diambang kesabaran tatkala menjalani tekanan dari hari ke hari, tapi saya yakin masih banyak juga orang-orang diluar sana yang berada diambang batas kesabaran akibat banyak permasalahan yang mendatangi kesehariannya. Saya sendiri beberapa waktu lalu juga sempat berada diambang batas kesabaran ini. Bagi saya hal ini cukuplah wajar mengingat setiap manusia senantiasa dihadapkan pada permasalahan sesuai porsinya masing-masing yang tentu saja menguji sampai dimana batas kesabarannya. Ada yang diuji dengan permasalahan pribadi, permasalahan keluarga, permasalahan pekerjaan dan masih banyak lagi jenih permasalahan yang dapat menguji sampai dimana kesabaran kita

           Pertanyaannya yang mendadak muncul di kepala saya adalah sebenarnya sampai dimanakah batas kesabaran manusia? Pertanyaan ini pun akhirnya berputar-putar di kepala saya untuk dicari jawabannya. Cukup berat memang menakar ukuran sampai dimana kesabaran manusia, mengingat sebagai manusia biasa yang penuh keterbatasan pasti akan ada kala dimana kesabaran seorang manusia pun akan dibatasi. Namun benarkah kesabaran manusia itu memang ada batasnya sebagaimana seorang manusia yang penuh keterbatasan? 

           Selama ini ketika mendengar kata kesabaran, maka kita selalu mengidentikkan dengan menahan kemarahan. Padahal kesabaran yang sesungguhnya bukan hanya ketika kita mampu menahan amarah melainkan juga kesabaran dalam menjalani problematika setiap hari-hari kita yang mungkin tidak se ideal harapan kita, Seperti kesabaran tatkala menghadapi permasalahan, kesedihan, perpisahan, amarah, emosi dan banyak hal lainnya dalam hidup. Orang-orang yang mampu mencapai tahap kedewasaan dalam hidupnya sebenarnya adalah mereka yang mampu melewati setiap permasalahan, kesedihan, perpisahan dan beberapa hal seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Orang-orang dewasa tadi mampu bertahan dan bersabar dalam menghadapi hal-hal tadi sehingga mendapatkan tingkat kedewasaannya. Bisa kita bayangkan bila kesabaran manusia diciptakan terbatas? Pasti tidak akan ada manusia yang bisa mencapai tingkatan dewasa yang bisa bertahan hidup bukan? Karena mereka sudah menyerah dan memilih untuk membatasi kesabarannya sehingga mereka tidak mampu menghadapi tekanan kehidupannya

    Jadi, Jangan Pernah membatasi kesabaran kita hanya dengan dalih keterbatasan kita sebagai manusia biasa, karena sesungguhnya Tuhan menciptakan hati kita lebih luas dari yang bisa manusia perkirakan dengan keterbatasannya. 


    Sesungguhnya KESABARAN itu bukan masalah KEMAMPUAN, melainkan masalah KEMAUAN

     
  • 2 komentar:

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13