• CINTA DAN FOKUS YANG DIBUTUHKANNYA


    “Aku suka sama kamu” seorang pria berkata pada wanita yang ada di dekatnya.

    Wanita ini tampak kaget dan terlihat tidak siap mendengar kalimat yang diucapkan oleh teman lelakinya tadi sehingga membuat sang wanita terdiam beberapa saat. Dalam diamnya ini, terlihat jelas bahwa sang wanita memikirkan jawaban yang harus dia berikan pada sang lelaki.

    Setelah terdiam selama 5 menit, wanita ini menjawab dengan kalimat, “Maaf, aku mau fokus dulu.”
    Pernahkah kita menyatakan cinta kepada sang pujaan hati kemudian dia berkata, “Maaf, Aku mau fokus dulu” seperti kisah diatas? bagi sebagian diantara kita pasti berkata bahwa itu adalah alasan atau akal-akalan dari kaum wanita yang sebenarnya memang ingin menolak kaum pria. Tapi bagaimana kalau ternyata alasan itu adalah benar adanya? 

    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Henk van Steenbergen bersama beberapa orang dari Leiden University dan The University of Maryland menyatakan bahwa hubungan asmara sejatinya membuat produktivitas kita berkurang. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya manusia tidak akan mampu fokus pada banyak hal disaat yang sama. Ketika kita fokus pada sesuatu, maka kita akan mengeluarkan kemampuan yang kita miliki untuk menyelesaikan satu hal yang kita fokuskan tadi. 

    Dalam penelitiannya, Steenbergen melakukan analisa pada 43 peserta yang sudah berhubungan selama kurang dari 6 bulan. Para relawan diminta untuk melakukan beberapa tugas untuk mengetahui bagaimana tingkat produktivitas dan kemampuan otak untuk fokus pada suatu masalah. Hasilnya menunjukkan bahwa gairah cinta yang timbul pada diri relawan membuat pola pikir dan konsentrasi berkurang sehingga kemampuan untuk menyelesaikan tugas pun berkurang.

    Lantas apa yang harus kita lakukan setelah melihat studi diatas? Apakah kita dilarang merasakan sebuah cinta? Bukankah perasaan cinta adalah sesuatu yang wajar dimiliki dalam diri manusia? 

    Yang harus kita sadari adalah studi diatas bukan bermaksud untuk menghindarkan diri kita dari perasaan yang mungkin dapat muncul dalam hati, melainkan agar kita lebih mawas diri dan belajar cara menyikapi setiap keadaan dengan lebih bijaksana. Ketika kita tahu bahwa perasaan tersebut dapat mengurangi fokus kita, maka kita harus lebih berhati-hati dan jangan sampai perasaan tersebut akhirnya mengganggu rutinitas atau aktifitas lain yang memang sudah menjadi tanggung jawab kita. 

    Bukankah dampak baik atau buruknya sesuatu itu ditentukan oleh cara kita sendiri dalam menyikapi setiap keadaannya?


  • 1 komentar:

    1. MGM National Harbor announces new gaming
      MGM National Harbor announced today that 고양 출장샵 it has entered 강원도 출장마사지 into an agreement to 계룡 출장샵 develop and operate casino in the U.S. and 구리 출장안마 internationally. MGM National 하남 출장샵 Harbor

      BalasHapus

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13