• KEKURANGAN UNTUK PERKEMBANGAN


    Perkembangan itu bukan hanya ditentukan oleh seberapa banyak buku yang kita baca, melainkan juga ditentukan oleh seberapa besar kita bersedia mengakui kekurangan yang kita punya. Pernahkah kita bertemu seseorang yang dengan mudahnya menyalahkan orang lain atas sebuah kondisi?  Sebut saja namanya Adi. 

    Di lingkungannya, dia sering dijuluki sebagai Mr Right. Julukan ini muncul karena kebiasaan buruknya yang suka menyalahkan orang lain ketika dirinya melakukan kesalahan. ketika ada masalah yang dihadapi dan ada sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan yang telah diperkirakan oleh dirinya,  Adi ini lebih suka melihat kesalahan orang lain di sekitarnya ketimbang melakukan introspeksi untuk dirinya sendiri.  

    Beberapa kali, teman-temannya memberikan nasehat kepada Adi agar sesekali bersedia mendengarkan masukan dari orang lain, namun tampaknya nasehat dari teman-temannya ini tidak pernah didengar. Padahal ketika kita tidak bersedia mendengarkan sebuah masukan, Sebenarnya kita juga sedang menutup pintu perkembangan bagi diri kita sendiri.

    Salah satu hal yang turut menentukan tingkat perkembangan seorang manusia didalam menjalani kehidupannya adalah penerimaan terhadap sebuah kekurangan. Bagaimana seseorang itu menerima dan merespon kekurangan dirinya akan mempengaruhi tingkat perkembangan orang tersebut. Ketika seseorang menerima kekurangan yang ada dalam diri dan menyadari bahwa setiap manusia memiliki potensi untuk melakukan kesalahan, maka ketika itulah seorang manusia tidak akan dengan mudah menyalahkan lingkungan. 

    Namun, ketika seseorang cenderung lebih suka menyalahkan lingkungan atas apa yang terjadi didalam dirinya seperti di kisah Adi tadi, sebenarnya orang tersebut sedang merasa menjadi seseorang yang paling benar didalam sebuah kondisi. Perasaan paling benar inilah yang jika tidak disikapi dengan bijak justru akan menutup pintu pembelajaran bagi diri kita. 

    Karena dengan merasa paling benar, kita cenderung merasa paling pintar yang seringkali justru membuat kita tidak memahami pentingnya sebuah pembelajaran. Padahal, pembelajaran adalah salah satu faktor penting yang membentuk sebuah perkembangan. Seperti pidato Steve Jobs yang berkata “stay hungry & stay Foolish” yaitu tetaplah merasa lapar dan tetaplah merasa bodoh, agar dirimu senantiasa memahami pentingnya pembelajaran bagi perkembanganmu.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13