• TOTALITAS DIRI DEMI SEBUAH PRESTASI



    Dikisahkan, suatu ketika seorang customer mengajukan protes karena mobil barunya yang baru saja dibeli mengalami kebocoran oli.  Sang penjual mobil tersebut menyarankan untuk membawa mobil tersebut ke bengkel perusahaannya untuk diperiksa. Rupanya para mekanik mengalami kesulitan menemukan sumber kebocoran tersebut, sehingga mobil sang customer harus ditinggalkan beberapa hari di bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih detail.


    Tanpa diminta oleh customer, sang penjual segera menawarkan apakah dia memerlukan mobil pengganti selama mobilnya masuk bengkel. Customer mengira tawaran mobil pengganti itu adalah standar pelayanan dari dealer tersebut, jadi ia menerimanya. Belakangan diketahui bahwa mobil tersebut di sewa oleh sang penjual dengan menggunakan dana pribadinya sendiri. Hal ini baru diketahui oleh customer pada waktu ia mengembalikan mobil pengganti tersebut ke dealer


    Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kebocoran oli tersebut tetap tidak ditemukan akar masalahnya. Berdasarkan informasi dari kantor pusat ternyata memang dari 1000 unit mobil yang diproduksi, ada 1 - 2 unit yang diprediksi mengalami kerusakan seperti itu sehingga hal tersebut dianggap sebagai hal yang biasa. Sang penjual kemudian berpikir, bagi perusahaan mobil  kerusakan satu unit mobil tersebut memang tidak terlalu berarti, tapi bagi customernya, hal itu adalah segala-galanya


    Maka, sang penjual pun berupaya memperjuangkan kepuasan customernya dengan melakukan lobying ke tingkat regional. Namun upaya penjual tersebut di tingkat regional ditolak. Penjual tersebut pun kembali melakukan lobying langsung ke tingkat pimpinan puncak. Dengan tiket pesawat yang ia bayar dari dana pribadinya sendiri ia terbang ke kantor pusat untuk bertemu dengan direkturnya dan meminta solusi atas kerusakan yang ada. Akhirnya mobil customer tersebut diganti dengan unit yang baru.
    Pertanyaannya adalah, siapa gerangan penjual yang bersedia memperjuangkan customernya sampai sejauh itu?


    Pria ini adalah Joe Girard,  pria kelahiran Detroit, Michigan yang mencatatkan namanya didalam Guinness Book of World Records sebagai penjual mobil nomor satu didunia. Beliau diberi gelar "The World Greatest Salesman". Rekornya adalah menjual mobil secara personil atau eceran dalam satu tahun yang hingga saat ini belum terpecahkan. Joe Girard menjual mobil di Detroit Amerika Serikat sekitar tahun 60-an dan rekornya adalah 1.425 buah mobil dalam satu tahun. Disaat salesman-salesman lain hanya menjual 4-5 mobil per bulan,  Joe bisa menjual 4-5 buah mobil per hari. Dan selama berkarir dia sudah menjual 13.001 mobil baru secara personil atau eceran.


    Apa kira-kira kiat Joe Girard untuk mendapatkan prestasinya tadi? Ternyata simpel, yaitu fokus memberikan layanan yang terbaik kepada setiap pelanggannya dan jangan terlalu melakukan perhitungan dalam mengerjakan sesuatu yang memang menjadi pekerjaan kita sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Joe yang hanya demi seorang pelanggan, dirinya rela pergi ke kantor regional dan kantor pusat dengan menggunakan dana pribadinya. Semua itu dilakukannya untuk menjaga kepuasan pelanggan dan tanpa melakukan perhitungan terhadap keuntungan apa yang akan diberikan oleh perusahaan pada dirinya. Akhirnya prestasi yang gemilang pun mampu diraihnya.


    Maka, jika diri kita saat ini masih melakukan perhitungan terhadap setiap pekerjaan yang kita lakukan, mulai sekarang lakukan pekerjaan kita dengan totalitas dan tanpa hitung-hitungan. Karena  terlalu menghitung apa yang telah kita lakukan terkadang justru membatasi diri kita untuk memberikan kinerja yang dibutuhkan untuk mencapai karir dan prestasi yang kita harapkan..


    Ingin ngobrol langsung dengan saya? silahkan disimak di FB/Twitter/Path/IG : @Ivandhana
    Semoga Bermanfaat...
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13