• KEMAMPUAN dan PERTANGGUNGJAWABAN


    Benjamin Parker, salah satu tokoh di film Spiderman pernah mengeluarkan quotes yang cukup terkenal, yaitu "With great power comes great responsibility". Artinya kekuatan yang besar itu pada dasarnya hadir dengan tanggung jawab yang besar pula.  

    Saya merasa, quotes tersebut maknanya sama seperti momen bertambahnya usia diri kita. Semakin dewasa diri kita dan semakin bertambahnya usia kita, sebenarnya juga selalu sejalan dengan peningkatan kemampuan diri kita. Peningkatan kemampuan diri kita inilah yang seharusnya tidak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi kita semata karena peningkatan kemampuan ini sebenarnya membuat kita memiliki tanggung jawab yang lebih besar, mulai dari tanggung jawab pada diri sendiri, tanggung jawab pada orang lain disekitar kita serta tanggung jawab pada Tuhan yang telah menciptakan kita

    Tanggung jawab terhadap diri sendiri mengharuskan kita untuk memenuhi kewajiban kita sendiri dalam mengembangkan kepribadian kita. Hal ini menuntut diri kita untuk memecahkan masalah-masalah diri kita sendiri didalam keseharian. setelah menyelesaikan tanggungjawab pada diri sendiri, baru kemudian kita bisa fokus bertanggungjawab pada orang lain disekitar kita

    Sebagai makhluk sosial, pada hakikatnya kita tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain. Karena membutuhkan manusia lain inilah maka kita harus mampu berkomunikasi dan berhubungan yang baik dengan manusia lain tersebut dalam rangka mencapai tujuan bersama. Dengan kondisi tersebut, maka sudah sepantasnya apabila segala tingkah laku dan perbuatan kita harus dapat menimbulkan kemanfaatan kepada masyarakat atau orang lain  disekitar kita.

    Dan yang terakhir adalah tanggung jawab terhadap Allah SWT yang telah menciptakan diri kita. Allah SWT menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa sebab, melainkan untuk mengisi kehidupannya sesuai perintah Allah SWT. Sehingga sudah selayaknya setiap tindakan atau perbuatan manusia sesuai dengan anjuran dan perintah Allah SWT yang dituangkan dalam kitab suci. 

    Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bermanfaat bagi orang lain? Maka sudah sepantasnya setiap pertambahan usia kita juga ditandai dengan makin bertambahnya manfaat yang mampu kita berikan pada sesama sebagai bentuk pertanggungjawaban atas setiap kemampuan yang kita miliki saat ini. 

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13