• APRESIASI dan PENINGKATAN KAPASITAS DIRI


    Beberapa waktu lalu Manor Racing memutus kontrak Rio Haryanto sebagai pebalap utama. Rio pun tidak akan membalap di Formula 1 lagi pada sisa musim ini. Dalam pernyataan di situs resminya, Manor mengungkapkan alasan pemutusan kontrak Rio, yaitu ketidakmampuan pebalap Indonesia itu untuk memenuhi kewajiban yang tertuang dalam kontraknya.

    Uniknya, kabar pemutusan kontrak Rio Haryanto akibat masalah finansial ini menimbulkan banyak komentar bernada negatif di media sosial dan beberapa portal media Indonesia. Mulai dari sebutan sebagai pebalap kelas teri, pebalap yang hanya bisa membayar untuk membalap, pebalap yang hanya bisa mengharap sumbangan pemerintah, dan banyak lagi komentar negatif lainnya.

    Sekitar seminggu setelahnya, beredar kabar pemberhentian seorang menteri ESDM yang baru 20 hari menjabat yaitu Arcandra Tahar akibat ramainya pemberitaan dari berbagai pihak yang menyoroti dua kewarganegaraan yang dimilikinya, yaitu Indonesia dan Amerika. Komentar bernada negatif pun muncul terkait hal ini dan kritikan pun semakin meluas. Muncul tanggapan yang kemudian membandingkan Arcandra Tahar dengan BJ Habibie.

    Rio dan Arcandra Tahar adalah putra terbaik yang dimiliki bangsa ini terlepas dari komentar-komentar negatif yang bermunculan. Rio memulai karirnya di ajang balap sejak usia dini. Dan di usia yang terbilang sangat muda Rio telah berhasil mendapatkan beragam prestasi hingga akhirnya mampu berlaga di F1. Arcandra Tahar pun memiliki prestasi yang mentereng di luar negeri. Memiliki 3 hak paten yang diakui dunia di bidang perminyakan dan tercatat sebagai salah satu eksekutif di perusahaan AS membuat beliau cukup disegani di luar negeri. 

    Bagi saya kisah diatas menjadi ajang introspeksi bagi diri saya sendiri. Dalam beberapa situasi, seringkali kita masih sangat kurang menghargai dan kurang mengapresiasi apa yang kita miliki. Ketimbang memberikan apresiasi, kita lebih suka mengkritisi. Kita kekurangan orang yang optimis dan mengapresiasi. Padahal sebuah apresiasi itu penting untuk meningkatkan semangat dan pencapaian orang lain

    Apresiasi adalah sebuah penilaian atas kinerja atau produktivitas. Apresiasi bisa diberikan dalam bentuk pujian, ucapan selamat, ucapan terimakasih ataupun ungkapan kebanggaan. Ketika seseorang menerima apresiasi dari orang lain, akan timbul perasaan puas, bangga, lega, menjadi penting dan merasa berguna. Lalu kemudian mendorong orang tersebut untuk melakukan yang lebih baik lagi ketimbang sebelumnya. 

    Bagaimana bila kita memiliki seorang anak yang ingin maju dan ingin berkembang, namun lingkungannya selalu mengeluarkan komentar bernada negatif? Apakah akhirnya anak tersebut bisa berkembang bila sepanjang harinya dijalani dengan cemoohan? Bagaimana anak itu bisa yakin pada kemampuannya sendiri bila lingkungannya sama sekali tidak mendukung keyakinan pribadinya dan justru mencemooh, mencibir dan mengkritik tanpa memberikan semangat dan support untuk melakukan yang lebih baik lagi?

    Semoga bermanfaat sebagai bahan renungan bersama.. 

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13