• SEORANG MANUSIA DAN KOMITMEN YANG DIBUATNYA



    A : Di awal pembuatan rencana bikin acara ini kayaknya pada semangat, tapi sekarang kok pada angin-anginan dan menghilang ya? Rapat juga susah dateng.
    B : ya mungkin yang lainnya lagi ada kesibukan masing-masing kali?
    A : ya harusnya kalo memang sejak awal sudah memperkirakan bakal ada kesibukan masing-masing, harusnya nggak usah sepakat buat mengadakan acara donk? Namanya juga komitmen kan.

          Komitmen, satu kata sederhana yang sebenarnya biasa saja namun memiliki efek yang luar biasa. Karena kata “komitmen” ini bisa membuat seseorang sukses dengan acaranya, mencapai tujuannya, melepaskan ke jombloannya menuju jenjang pernikahan, atau juga komitmen ini membuat seseorang terhindar dari jeratan tagihan hutang-hutangnya hehehe. Bagi saya pribadi, komitmen adalah sebuah kata singkat dan sederhana namun menunjukkan kualitas sebuah manusia di mata manusia lain disekitarnya. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Untuk bisa menjalankan kehidupannya dengan normal, dia membutuhkan manusia lainnya sebagai partner untuk beraktifitas. Untuk dapat menemukan partner yang menunjang aktifitas kita, tentunya kita memilihnya sesuai dengan keadaan kita bukan? Jika partner kerja, maka tentu pemilihannya sesuai dengan kriteria kantor tempat kita bekerja, jika partner hidup tentunya sesuai dengan kriteria pasangan hidup yang kita tentukan sendiri dan bila partner disini sebagai sahabat tentunya kriterianya akan menyesuaikan kriteria yang kita inginkan sebagai seorang sahabat. Lantas coba kita cermati ketiga contoh partner barusan yaitu partner kantor, partner hidup dan partner sebagai sahabat. Apa kira-kira kriteria utama yang sama-sama dibutuhkan dari ketiga jenis partner diatas? Jawabannya satu yaitu KOMITMEN. Bisa bayangkan bila rekan sekantor kita tidak komitmen bekerja? Bisa bayangkan bila pasangan kita tidak berkomitmen membangun rumah tangga dengan kita? bisa bayangkan bila sahabat kita tidak berkomitmen untuk mensupport kita? sudah bisa dipastikan kehadiran partner kita tadi jadi tidak akan memiliki arti baik itu sebagai teman kerja, pasangan, sebagai sahabat maupun yang lainnya.

           Komitmen yang menurut KBBI memiliki makna keterikatan untuk melakukan sesuatu adalah hal penting yang menjadikan seorang manusia menjadi memiliki arti dimata manusia lainnya. contohnya jika ada seorang suami yang tidak menunjukkan komitmen sebagai seorang suami yang baik, apakah kemudian dia memiliki arti sebagai seorang suami di mata istrinya? Seperti itulah gambaran sederhana tentang betapa sebuah komitmen sangat penting didalam hubungan antar manusia. Yang harus senantiasa kita ingat adalah tidak ada seseorang pun yang berhak memaksa kita untuk menjalankan komitmen yang kita buat karena komitmen itu adalah hasil dari keputusan yang kita ambil sendiri. setiap orang yang telah membuat keputusan, sejatinya adalah seseorang yang juga harus mau mempertanggung jawabkan keputusan yang dia ambil. Disitulah nilainya sebagai seorang manusia dan disitulah arti dirinya sebagai seorang manusia yang akan selalu dinilai oleh lingkungannya.

           Bagaimana bila ada orang yang berkomitmen terhadap hal-hal yang menunjang tujuannya namun dia tidak menunjukkan komitmen pada hal lain yang dia anggap tidak menunjang tujuan kehidupannya? Maka jawabannya adalah satu hal. JANGAN MEMBUAT KOMITMEN! Kita tidak perlu membuat sebuah komitmen jika kita sendiri belum yakin bahwa kita mampu menjaga komitmen yang telah kita buat tadi. Membuat komitmen pada sesuatu yang kita sendiri belum yakin mampu menjaganya hanya akan membuat diri kita menjadi seseorang yang tidak bertanggung jawab. 
    Ingin jadi seseorang yang bernilai di mata manusia lainnya, mencapai kesuksesan didalam pekerjaan, hubungan pribadi dan persahabatan? yuk jalani setiap komitmen yang telah kita buat.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13