• Keinginan, Kebutuhan dan sebuah Keikhlasan


         Setiap manusia dalam hidup pasti memiliki sebuah keinginan atas sesuatu yang ada disekitarnya baik keinginan yang berwujud maupun yang tak berwujud. keinginan yang tak berwujud itu contohnya seperti keinginan untuk berlibur,jalan-jalan, refreshing atau hal lain yang dianggap mampu mendatangkan perasaan bahagia ketika mendapatkannya. Sedangkan keinginan yang berwujud seperti keinginan untuk mendapatkan sebuah barang. manusia sebagai makhluk yang memiliki nafsu dalam hidupnya, akan cenderung senantiasa berupaya untuk mencapai apa yang diinginkannya.
    Pertanyaannya adalah apakah semua yang kita inginkan senantiasa kita dapatkan? jika kita tidak mampu mendapatkan apa yang kita inginkan, lantas apa yang perlu kita lakukan? apa bedanya keinginan dan kebutuhan?
         Keinginan adalah sesuatu yang cenderung kita harapkan untuk kita capai, namun ketika kita tidak mampu mendapatkannya, sebenarnya tidak akan jadi masalah. karena keinginan cenderung dipengaruhi oleh hawa nafsu yang melekat pada manusia.  karena keinginan adalah sesuatu yang tidak wajib kita dapatkan, maka sesungguhnya kita harus menyadari bahwa keinginan kita tidak semuanya akan kita dapatkan dalam kehidupan. jika kita sudah menyadari hal ini, apakah kita masih perlu galau ketika keinginan kita tidak terlaksana? Itulah pentingnya kita cerdas memilah antara mana yang keinginan dan mana yang termasuk kebutuhan dalam kehidupan kita. Keinginan tidak wajib didapatkan, sedangkan dalam kebutuhan, karena itu menyangkut sesuatu yang kita perlukan dalam menjalani hidup kita dan jika kita tidak memperolehnya cenderung akan menimbulkan masalah, maka  kita harus dahulukan untuk kita penuhi keberadaannya dalam hidup kita

    Keinginan yang sejalan dengan kebutuhan kita itu baik, karena kita akan cenderung pantas dan memang harus mendapatkannya. namun, bukan berarti ketika keinginan tidak sejalan dengan kebutuhan itu tidak baik dan harus membuat diri kita galau, karena justru disitulah kita harus belajar tentang sebuah keikhlasan :)



  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13