• Merisaukan Kelemahan

    "Kelemahan diri kita sesungguhnya bukanlah sesuatu yang patut untuk kita risaukan karena dia hanyalah sebuah kondisi yang membuat kita memahami makna dari sebuah keadaan"


           Setiap manusia diciptakan ke dunia dengan karakteristiknya masing-masing. ada yang diciptakan dengan beragam kelebihan dan ada pula yang diciptakan dengan kekurangannya masing-masing. namun yang harus selalu kita ingat adalah bahwa sesungguhnya tidak pernah ada manusia yang sempurna karena manusia selalu diciptakan dengan kelebihan sekaligus kekurangan yang dimilikinya. ketika dia memiliki kemampuan lebih di sebuah hal, maka dia pasti juga memiliki kemampuan yang kurang di bidang lainnya.
         Terkadang ketika kita melihat orang disekitar kita yang memiliki kemampuan yang tidak kita miliki, terlintas sebuah pemikiran bahwa orang tersebut memang sangat hebat dan kemudian timbul keinginan kita untuk menjadi seperti demikian, padahal sebenarnya kehidupan tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila kita senantiasa memikirkan hal-hal seperti itu. keinginan kita untuk menjadi seperti orang lain yang lebih baik dari kita di sebuah bidang terkadang akan membuat diri kita tidak mensyukuri apa yang telah kita miliki saat ini dan membuat pemikiran kita menjadi sangat sempit.
           Mungkin kelebihan yang dimiliki orang lain itu terasa sangat hebat sampai-sampai kita menginginkannya, namun sebenarnya hal itu hanya akan membuat diri kita seakan tak memiliki kelebihan apa-apa karena yang dijadikan patokan adalah orang lain yang lebih dari kita. akan lebih baik apabila kita membuat patokan yang nantinya akan membuat lebih memahami kelebihan yang kita miliki seperti melihat orang-orang lain yang tidak seberuntung kita sehingga kemudian kita semakin sadar bahwa kelebihan yang kita miliki ini harus benar-benar dimanfaatkan dan bukan malah disia-siakan dengan melihat kelebihan orang lain.
          Menurut saya, pepatah yang mengatakan bahwa "Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dibanding rumput di halaman rumah kita" adalah sebuah pepatah yang sangat pas untuk menjadi salah satu pedoman hidup kita ketika kita mulai merisaukan kelemahan dalam hidup kita. karena pepatah ini mengisyaratkan bahwa tidak akan pernah selesai keinginan kita apabila kita terus-terusan melihat kondisi orang lain yang mungkin lebih baik atau lebih beruntung ketimbang diri kita.

           Kelemahan bukanlah sesuatu yang perlu kita risaukan karena sebenarnya karena kelemahan itulah kita nantinya akan paham bagaimana kehidupan itu berjalan dengan berbagai sisi didalamnya. kalaupun saat ini kita masih merasa bahwa kita berada di sisi yang kekurangan,maka itu artinya kita masih menggunakan sisi orang yang berlebihan dibanding diri kita sebagai patokan. dan ketika itu terjadi, selalu ingatlah wahai kawan bahwa masih banyak lagi orang didunia ini yang tidak lebih beruntung ketimbang diri kita :)

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13