• PENGEMBANGAN KARIR DALAM KEHIDUPAN


    Bagaimana agar kita memiliki karir yang cemerlang didalam pekerjaan? Pertanyaan itu acapkali ditanyakan di beberapa sesi training yang saya berikan di perusahaan. Sekilas untuk menjawab pertanyaan ini terlihat mudah dengan banyaknya literatur atau buku yang membahas tentang pengembangan karir dan kesuksesan manusia. Namun bagi saya pribadi, sebenarnya untuk menjawab pertanyaan ini tergolong gampang-gampang susah.

    Saya merasa untuk menjawab pertanyaan ini gampang karena jawaban atas pertanyaan ini sudah banyak dan detail dijelaskan dalam buku-buku pengembangan diri. Ada buku yang menyebutkan bahwa etos kerja itu penting, ada pula orang yangmeyakini bahwa kerja keras, nilai diri, semangat, optimisme, konsistensi itu sangat penting untuk bisa sukses dalam karir. Tentunya semua buku dan orang tersebut memiliki alasan dan dasarnya masing-masing

    Namun, disisi lain saya juga merasa cukup sulit untuk menjawab pertanyaan tentang kesuksesan dalam karir ini karena saya kerap kali menemui orang-orang memiliki karakter yang menjadi prasyarat kesuksesan seseorang seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun, pada kenyataannya orang dengan karakter tersebut tidak selalu sukses didalam karirnya. Ada yang sudah bekerja keras, semangat dan konsisten selama 15 tahun namun karirnya tidak beranjak meningkat. Namun, justru ada seseorang yang baru bekerja 2 tahun tiba-tiba karirnya langsung melejit. 

    Lantas dengan kedua kondisi diatas, apa syarat yang sebenarnya dibutuhkan untuk bisa berhasil dan memiliki karir yang cemerlang didalam pekerjaan? Pertanyaan ini terus terngiang-ngiang di kepala saya. Saya bisa saja menjawab dengan teoritis menurut beberapa literatur yang saya baca. Namun tetap saja, bukan itu yang peserta training butuhkan..

    Sampai di suatu ketika, saya menemukan sedikit pencerahan terkait pertanyaan diatas. 

    Yang menentukan keberhasilan karir seseorang selain kerja keras, optimisme dan konsistensi adalah kemauan untuk terus belajar sembari mengeluarkan kesabaran dalam menjalani proses yang dibutuhkan. Mengapa banyak orang yang kerja keras namun tetap kesulitan memperoleh karir yang cemerlang? Karena mereka tidak sabar menjalani prosesnya dan mereka tidak mau memperbesar peluang mereka untuk mendapatkan keberhasilan dengan cara terus belajar dan melakukan upgrade diri. 

    Karena untuk menemukan kesuksesan karir didalam dalam pekerjaan itu sama seperti sebuah peluang. Yang kita perlukan bukan hanya menjemput peluang tersebut, melainkan kita juga harus bersabar menantikan kemunculan peluang itu sembari memperbesar kemungkinan munculnya peluang tersebut dengan terus meningkatkan kapasitas diri kita.

  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13