• MINAT Untuk Sebuah PENERIMAAN


    Saya percaya bahwa mudah atau sulitnya sesuatu yang kita pelajari, sebenarnya ditentukan oleh suka atau tidaknya diri kita terhadap hal tersebut.

    Sejak dulu saya tidak terlalu mahir berbahasa inggris. Saya merasa bahasa ini cukup sulit untuk dipahami. Ketika saya harus membaca beberapa tulisan atau literatur dalam bahasa inggris, dalam diri saya tiba-tiba muncul perasaan kurang nyaman. Semakin saya mencoba memahaminya, kalimat "Bahasa Inggris itu sulit" makin sering muncul di dalam benak saya

    Saya merasa pemikiran "Bahasa inggris itu sulit" sebenarnya sudah ada dalam diri saya ketika saya pertama kali mempelajarinya di sekolah. Ketika itu saya merasa sangat takut untuk berbicara dalam bahasa inggris karena salah satu guru saya terbilang cukup galak dan keras dalam mendidik muridnya. Dampaknya, proses pembelajaran yang seharusnya menyenangkan menjadi menakutkan dan saya pun akhirnya kesulitan mempelajari bahasa inggris

    Namun dalam momen tiga hari lalu saya baru sadar bahwa bahasa ini ternyata tidak terlalu menakutkan seperti yang saya kira dulu. Tiga hari lalu saya berkesempatan mengikuti sebuah pelatihan. Modul didalam pelatihan tersebut dibuat dengan menggunakan bahasa inggris. Berbeda dengan pengalaman saya di masa lalu, kali ini saya memahami materi tersebut dan saya menikmati proses pembelajaran didalamnya. Ini karena materi atau bahan yg harus saya pahami adalah hal-hal yang saya sukai. Sehingga akhirnya saya termotivasi dan bersemangat utk mempelajarinya. 

    Dari momen diatas saya belajar bahwa sulit atau tidak nya sesuatu itu bergantung dari suka atau tidak dan mau atau tidaknya kita utk mempelajari sesuatu tersebut. Kita akan bisa bila kita mau dan juga sebaliknya, kita tidak akan pernah bisa mempelajari sesuatu apabila kita tidak mau atau tidak suka menjalani proses didalam mempelajarinya.


    Dan masukan juga bagi para pendidik, sebelum memastikan anak didik kita memahami sesuatu yang kita ajarkan, pastikan terlebih dahulu mereka menyukai apa yang kita ajarkan, karena minat terhadap sesuatu yang kita ajarkan ternyata mempengaruhi kelancaran dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain, kesukaan ternyata mempengaruhi proses penerimaan dalam pengembangan keilmuan
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13