• PERJUANGAN yang Menopang KESUKSESAN


         Kesuksesan itu sama seperti gunung es. Hanya sebagian kecil saja yang terlihat di puncaknya. Sedangkan di bawah puncak tersebut sebenarnya tersimpan bongkahan es yang jauh lebih besar namun tak terlihat. Seringkali kita hanya mampu melihat kesuksesan seseorang dari apa yang terlihat atau hasil pencapaiannya, namun dibalik itu sebenarnya tersimpan proses persiapan didalam mencapainya yang jauh lebih besar dan berliku namun jarang kita lihat.

         Kemarin saya baru saja selesai menonton film Rudy Habibie di salah satu bioskop di Jakarta. Jika di film pertamanya lebih banyak dibumbui kisah asmara, maka di fim kedua ini menggambarkan perjuangan seorang Rudy Habibie muda dalam memperjuangkan impiannya di Jerman yang tentu saja dengan beragam tantangan. Untuk tau lebih jelasnya rekan-rekan bisa saksikan secara langsung di bioskop karena tidak akan saya bahas di tulisan saya kali ini. Khawatir nantinya menjadi spoiler. hehe 

         Selama ini kita hanya melihat seorang Habibie dari keberhasilannya sebagai insinyur pesawat kebanggaan Indonesia sekaligus presiden Indonesia yang ketiga. Tidak ada yang meragukan kecerdasan beliau karena dari tangan beliau lah bisa tercipta pesawat N-250 buatan Indonesia yang pertama kalinya. Banyak orang yang terinspirasi dari kisah sukses dan beragam pencapaian beliau yang akhirnya membuat beliau menjadi panutan bagi jutaan warga Indonesia. 

         Namun, kita harus menyadari bahwa setiap kisah kesuksesan seorang BJ Habibie sebenarnya juga dibangun dari kisah pahit, masalah dan beragam kesedihan yang akhirnya menempa dan mengantarkan beliau menuju kesuksesannya. 

         Banyak orang yang ingin sukses namun mereka tidak pernah mempersiapkan diri untuk melewati prosesnya yang penuh liku. Itu sebabnya sukses yang mereka inginkan itu jarang berujung pada kenyataan. Bukan karena mereka tidak tau caranya sukses, namun karena mereka tidak benar-benar mempersiapkan diri untuk melewati proses yang dibutuhkan menuju kesuksesan tadi. 

       Saya beberapa kali bertemu dengan orang-orang yang punya potensi besar, semangat dan antusiasme yang meluap-luap untuk membuat perubahan bagi lingkungan sekitarnya, namun ketika dihadapkan dengan permasalahan keseharian, dia jadi sangat sibuk dengan beragam kendala tersebut sehingga akhirnya merasa terbeban dan pesimis sehingga akhirnya berhenti memperjuangkan potensi dan semangatnya yang akhirnya membuat kehidupannya jadi biasa-biasa saja. 

       Saya juga sering bertemu dengan peserta seminar bisnis dan seminar kesuksesan. Sesudah mengikuti seminar, aura semangat untuk bisa sukses selalu terpancar dalam diri mereka. Namun berapa persen dari peserta training tersebut yang akhirnya benar-benar bisa sukses? Bisa dibilang cukup minim karena ketika benar-benar dihadapkan dengan permasalahan dalam proses menuju kesuksesan tersebut, banyak yang akhirnya menyerah dan berhenti berjuang. Itulah yang menyebabkan akhirnya banyak peserta seminar kesuksesan yang justru tidak sukses. 

         Yang harus senantiasa kita ingat adalah bahwa kesuksesan itu hanyalah ujung kecil yang terlihat layaknya puncak gunung es dan dibalik kesuksesan tersebut ada banyak kesulitan yang menopangnya layaknya dasar dari gunung es yang terbenam di air yang walau tak terlihat namun harus dihadapi. 

       Bagi saya, sebuah kesuksesan adalah ujung kecil yang terlihat manis. Namun untuk memperolehnya membutuhkan perjuangan besar yang tidak semua orang siap menghadapinya. Itulah yang akhirnya membedakan antara orang yang ingin sukses dengan orang yang benar-benar akan sukses, yaitu kesiapan untuk menghadapi beragam permasalahan dalam proses menuju kesuksesan...
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Quotes For You

    Kesalahan adalah bahan bakar utama untuk sebuah pembelajaran ~ivandhana~

    ADDRESS

    Jl Smapal No 53, Serpong, Tangerang Selatan

    EMAIL

    ivandhana@yahoo.com
    ivandhana@bambubiru.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    08990567176
    017 775362 13